Senin, 24 Oktober 2016

Pengalaman TES ONLINE KPK IM 12

Beberapa minggu lalu aku... tau info tentang lowongan di KPK...  'Indonesia Memanggil 12' dan... aku ingin menjawab panggilan itu... daftar di detik2 akhir.. aku berhasil mengirim aplikasi di 11-10-2016 pukul 21:27:06 WIB, yang artinya kurang 2 jam 33 menit lagi pendaftaran online itu tutup... 

Sekitar 10 hari berselang, aku mendapat SMS dan email... menyatakan aku lolos tahap administrasi dan wajib tes online tgl 24 oktober 2016 dg waktu login hanya jam 10.30-11.30 aja. 



ini salah satu infonya saat login di  http://kpk-im12.experd.com/index.php
Detail AplikasiStatus Aplikasi
Spesialis Muda 1 
(Tanggal Aplikasi : 11-10-2016 pada jam 21:27:06 WIB)
Tes Online
Anda lulus tahap 1 (satu) seleksi administrasi. Silakan membaca informasi di bawah ini untuk informasi mengenai Tes Online.

Dan tanggal 24 pun tiba aku mengerjakan tes di meja makan rumahku (bersyukur dirumah ada wifi dg kecepatan yang lumayan) serta tak lupa aku berdoa dulu dan minta restu orang se-rumah terutama orang tuaku.. :) 

Tes pertama adalah tes kecerdasan terdiri dari: 
   - Perception (sekitar 36 soal dalam waktu 2 menit) -> menukan angka 1 yang hilang 0-9 dan menemukan huruf      yang 2 kali muncul. -> gampang tapi waktu sangat amat singkat...
       contoh: 032918475 jawaban: a. 3    b. 6    c. 8
                   LKWQPKY jawaban: a. K   b. P   c. L
   - Logika (9 soal, waktu 7 menit)
   - deret angka (mungkin, yang ini aku lupa) #maafkan... heheheee...:) 
   - Creativity (18 soal, 3 menit)
     ini yang menurutku lumayan sulit, karena harus membayangkan dengan sangat cepat.
     contoh: Mata Logam Palsu
     jawaban:  a. U   b. K   c. R    (karena U mewakili uang, jadi mata uang, uang logam, uang palsu)
4 tahap di tes kecerdasan ini aku nggak menyelesaikan dengan tuntas karena kurang waktu.

Tes kedua adalah tes kepribadian: terdiri dari 48 soal dalam waktu 30 menit dengan 2 pilihan pernyataan... 
contoh:
1. a. saya mau meluangkan waktu untuk mendengarkan orang lain
    b. saya selalu melibatkan diri sepenuhnya untuk setiap pekerjaan saya.
pilih yang paling mencerminkan kamu. di tes ini waktunya panjang, jadi bisa lebih santai dan tidak tertekan..


Sekarang tinggal tunggu hasil dari tes tahap 2 ini... berdoa dan pasrah aja... :) 

BERANI JUJUR HEBAT

0 komentar:

Posting Komentar